PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA GENERASI MILENIAL INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN WAWASAN KEBANGSAAN

Siti Maizul Habibah(1*), Cindy Florence(2),

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Institut Teknologi Telkom Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai lunturnya nasionalisme generasi milenial terhadap negaranya tertutama pada implementasi nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat yang disebabkan oleh masuknya budaya asing dalam dinamika perubahan zaman yang membawa perubahan sangat cepat digambarkan dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat canggih sehingga fenomena perkembangan globalisasi membawa pengaruh buruk terhadap tingkat wawasan kebangsaan pada generasi millennial saat ini. Padahal, Pancasila sebenarnya merupakan kumpulan nilai-nilai yang dirumuskan dan bersumber dari identitas bangsa Indonesia sendiri, yang sejalan dengan tradisi dan budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas program pendidikan Pancasila dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran kebangsaan pada generasi milenial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi telaah literatur seperti buku dan artikel dari database jurnal bereputasi seperti DOAJ, Scopus, Springer, dan Elsevier yang relevan, selanjutnya dilakukan reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila dapat memperluas pemahaman tentang kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan pemahaman ini menumbuhkan semangat nasionalisme pada generasi millenial.


Keywords


Generasi milenial, kebangsaan, nilai-nilai pancasila, nasionalisme, pemahaman kebangsaan

Full Text:

PDF

References


Adristi, A. I. (2021). Implementasi Nilai Etika Pancasila bagi Generasi Milenial di RT. 001 Desa Wisata Pulau Sapi. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(11), 376–382.

Asmaroini. (2016). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Bagi Siswa Di era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 440-450.

Atmaja, T. S., Purnama, S., Dewantara, J. A., & Supriadi, M. (2022). Protecting Indonesia’s Sovereignty Through Civic Engagement In The Temajuk Village Border Area. Jurnal Pertahanan: Media Informasi Ttg Kajian & Strategi Pertahanan Yang Mengedepankan Identity, Nasionalism & Integrity, 8(3). https://doi.org/10.33172/jp.v8i3.1775

Budimansyah, D. (2010). Tantangan globalisasi terhadap pembinaan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 8–16.

Casmana, A. R., Dewantara, J. A., Timoera, D. A., Kusmawati, A. P., & Syafrudin, I. (2023). Global citizenship: preparing the younger generation to possess pro-environment behavior, mutual assistance and tolerance awareness through school engagement. Globalisation, Societies and Education, 21(1). https://doi.org/10.1080/14767724.2021.2013167

Cipta Prakasih, R., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Nilai Nasionalisme Dan Anti Radikalisme Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.103

Dewantara, J. A., Efriani, E., & Sulistyarini, S. (2020). Caring National Identity Through Teacher Contributions In The Border: Pancasila Actionistic Basic Implementation. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.407

Fatmawati, F., & Habibah, S. M. (2023). Aktualisasi Praktik Netizenship Mahasiswa Dalam Good Digital Citizenship Indonesia.pdf. Pancasila; Jurnal Keindonesiaan, 3(1), 70–85.

Habibah, S. M. (2016). Rekontruksi Kesadaran Kemanusiaan sebagai Upaya Penguatan Perlindungan Perempuan. In Rahmad (Ed.), Madura dalam perpektif Budaya, Gender, Politik, Industrialisasi, Kesehatan, dan Pendidikan (pp. 327–332). Puslit Gender dan Budaya Madura LPPM UTM.

Habibah, S. M., & Setyowati, R. N. (2022). Awareness of Religious Tolerance for Millennial Youth in Surabaya in the Dynamics of Diversity. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.104

Kementerian Pertahanan. (2015). Buku putih pertahanan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Lan, T. J., & Manan, M. (2011). Nasionalisme dan Ketahanan Budaya di Indonesia: Sebuah Tantangan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Lestari, E. Y. (2019). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalui penerapan nilai-nilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal, 1(1).

Martono, M., Dewantara, J. A., Efriani, E., & Prasetiyo, W. H. (2022). The national identity on the border: Indonesian language awareness and attitudes through multi-ethnic community involvement. Journal of Community Psychology, 50(1). https://doi.org/10.1002/jcop.22505

Mulyawan, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Tengah Pluralitas Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9016–9020.

Samho, B., & Setiawan, R. (2015). Mengartikulasi Pancasila Menjadi Spiritualitas Kehidupan Bangsa Indonesia yang Majemuk: sebuah Kajian Filosofis. Research Report-Humanities and Social Science, 2.

Sanusi, U. (2019). Peran Pancasila Dalam Perkembangan Dan Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal TEDC, 13(3), 311–318.

Saputri, R. A., Triyanto, & Winarno. (2019). Using critical multiliteracy learning in developing students’ civic literacy in the industrial era 4.0 education. AIP Conference Proceedings, 2194. https://doi.org/10.1063/1.5139843

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. UNISMA PRESS.

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode

Sulistyarini, S., Dewantara, J. A., Purnama, S., & Mirzachaerulsyah, E. (2021). Transnationalism Threat To The Indonesian Society In The Border Area of Indonesia-Malaysia (Study on Camar Bulan Society). Jurnal Pertahanan: Media Informasi Ttg Kajian & Strategi Pertahanan Yang Mengedepankan Identity, Nasionalism & Integrity, 7(3). https://doi.org/10.33172/jp.v7i3.1346

Surajiyo, S. (2020). Keunggulan Dan Ketangguhan Ideologi Pancasila. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(3), 1–11.

Wasehudin, W. (2020). Pancasila as The Code of Conduct Paradigm (Comparative Study of National Education And Islamic Studies). Halaqa: Islamic Education Journal, 4(2), 155–161.

Winataputra, U. S., & Budimansyah, D. (2007). Civic Education. Konteks, Landasan, Bahan Ajar Dan Kuitul Kelas, Bandung, UPI Pres.

Wiratmaja, I. N., Suacana, I. W. G., & Sudana, I. W. (2021). Penggalian nilai-nilai pancasila berbasis kearifan lokal bali dalam rangka penguatan wawasan kebangsaan. POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 1(1), 43–52.




DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v13i2.4819

Copyright (c) 2023 Jurnal Pertahanan dan Bela Negara


INDEXED BY:
google_scholar garudacrosref onesearchsinta

Office Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Republic of Indonesia Defense University
Jl. Salemba Raya No.14, Paseban,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440, Indonesia
Email: jurnal.unhan@idu.ac.id



Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.