HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR KADET MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN MILITER UNHAN TA 2020/2021

Anisah Anisah(1*), Putrya Hawa(2), Herlina Tarigan(3), Rachma Hidana(4), Yaumi Faiza(5), Elies Fitriani(6),

(1) Universitas Pertahanan RI
(2) Universitas Pertahanan RI
(3) Universitas Pertahanan RI
(4) Universitas Pertahanan RI
(5) Universitas Pertahanan RI
(6) Universitas Pertahanan RI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan kedokteran bertujuan untuk menghasilkan dokter yang memiliki kompetensi dalam ranah pengetahuan, sikap dan perilaku. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam pencapaian kompetensi tersebut adalah motivasi belajar mahasiswa, motivasi yang tinggi akan menghasilkan pencapaian belajar yang lebih baik. Lingkungan belajar membentuk suasana belajar yang dapat mempengaruhi motivasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar terhadap tingkat motivasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sebanyak 74 mahasiswa Fakultas Kedokteran Unhan angkatan 2020/2021 mengisikuesioner Dundee Ready Environment Educational Measurement (DREEM) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square. Didapatkan nilai total DREEM 147,36 yang berarti mahasiswa menilai lingkungan belajar yang terbentuk saat ini di FK Unhan masuk dalam kategori “lebih banyak hal positif daripada negatif†dengan nilai tertinggi didapatkan pada skala penilaian terhadap staf pengajar (77,1%) dan penilaian terendah pada skala kehidupan social (65,4%). Nilai rata-rata untuk motivasi adalah 3.59 masuk dalam kategori “tinggiâ€, dengan nilai tertinggi pada skala “intrinsicl value†3,92 dan terendah pada skala anxiety 3,43. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar (p = 0,023).


Keywords


Dundee Ready Environment Educational Measurement (DREEM); Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ); Motivasi belajar; Mahasiswa kedokteran; Persepsi lingkungan belajar

Full Text:

PDF

References


Abdulghani, H. M., Al-Drees, A. A., Khalil, M. S., Ahmad, F., Ponnamperuma, G. G., & Amin, Z. (2014). What factors determine academic achievement in high achieving undergraduate medical students? A qualitative study. Medical Teacher, 36(SUPPL.1), 43–48. https://doi.org/10.3109/0142159X.2014.886011

Al-Qahtani, M. F. (2015). Associations between approaches to study, the learning environment, and academic achievement. Journal of Taibah University Medical Sciences, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2015.01.014

Albana, R. Y. F., Meidianawaty, R. V., & Hermawan, I. (2018). Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Lingkungan Pembelajaran Dengan Nilai Blok Di Fakultas Kedokteran Unswagati Cirebon. Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 76–82.

Anisah, A., Hakim, L., & Kekalih, A. (2016). Hubungan antara Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jakarta terhadap Lingkungan Pembelajaran dengan Prestasi Akademik. In Perpipki (Vol. 5, pp. 9–15). Perpiki. http://library.upnvj.ac.id/pdf/artikel/artikel_ji_nasional/perpipki-ed5-no1-jun2016/9-15.pdf

Asmita, S. H. (2017). Motivasi Belajar Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Status Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Malang. 176.

Federation, W., & Medical, F. O. R. (2012). Basic Medical Education WFME Global Standards for Quality Improvement. The 2012 Revision. 46.

Genn, J. M. (2001). AMEE Medical Education Guide No. 23 (Part 1): Curriculum, environment, climate, quality and change in medical education-a unifying perspective. Medical Teacher, 23(4), 337–344. https://doi.org/10.1080/01421590120063330

Hamzah B. Uno.Teori Motivasi Dan Pengukurannya : Analisis Di Bidang Pendidikan / Hamzah B. Uno ; Ed: Junwinanto .2013

Handayani, T. (2014). Hubungan persepsi mahasiswa tentang kualitas proses pembelajaran, motivasi belajar, lingkungan belajar dengan prestasi akademik mahasiswa akbid kutai husada Tenggarong (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Hasan, M. et al. (2021). Teori Teori Belajar, Tahta Media Grup

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). (2012). Standar Kompetensi Kedokteran Indonesia. KKI.

Muslih, A. (2014). Pengaruh lingkungan belajar, kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar perakitan komputer siswa kelas x program keahlian. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/34219/1/Achmad Muslih 09520244064.pdf

Pintrich, P. R. . A. O., & A. (2015). Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 156–164. http://link.springer.com/10.1007/s10869-013-9342-5%5Cnhttp://link.springer.com/10.1007/s10551-015-2625-1%5Cnhttp://mcser.org/journal/index.php/mjss/article/view/5449%5Cnhttp://doi.wiley.com/10.1111/apps.12041%5Cnhttp://www.scs.ryerson.ca/aferworn/courses/

Pringgoutami, Z., Lisiswanti, R., & Oktaria, D. (2019). the Relation Between Student’S Perception of Learning Environment and Learning Motivation of Pre-Clinical Medical Student. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 8(1), 10. https://doi.org/10.22146/jpki.44902

Putri, Y. T., & Oktaria, D. (2017). Motivated strategies for learning questionnaire : instrumen objektif penilaian motivasi belajar. Medula, 7(5), 113–117.

Radovan, M., & Makovec, D. (2015). Adult learners’ learning environment perceptions and satisfaction in formal education-case study of four East-European countries. International Education Studies, 8(2), 101–112. https://doi.org/10.5539/ies.v8n2p101

Suryani, S., Sanusi, R., & Hadianto, T. (2017). Persepsi Mahasiswa Mengenal Lingkungan Belajar Klinik dan Motivasi Belajar Pada Suatu Program Studi Ners. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 6(3), 185. https://doi.org/10.22146/jpki.32223

Tangkudung, J. P. M. (2014). Proses Adaptasi Menurut Jenis Kelamin dalam Menunjang Studi Mahasiswa FISIP UNSRAT. Unsrat, III(4), 1–11.

Umboh, E., Kepel, B., & Hamel, R. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 108275.




DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v12i2.1700

Copyright (c) 2022 Jurnal Pertahanan & Bela Negara

Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.