METODE PENDIDIKAN BELA NEGARA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KOTA BANDUNG DALAM MEMBANGUN GENERASI MUDA YANG TANGGUH

Mursyid Setiawan(1*), Hilal Ramdhani(2),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode pendidikan bela negara yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung sangat penting dalam memperbaiki dengan generasi muda yang menunjukkan adanya penurunan sikap nasionalisme, serta merubahnya menjadi generasi muda yang tangguh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metode pendidikan bela negara yang dilakukan oleh Bakesbangpol Kota Bandung dalam mewujudkan generasi muda yang tangguh dan menghadapi berbagai ancaman yang dihadapi oleh generasi muda akibat adanya globalisasi. Teori yang digunakan yaitu teori metode pendidikan, pertahanan keamanan negara dan konsepsi bela negara. Analisis ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan strategi pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penemuan telah menunjukkan pendidikan bela negara dari Bakesbangpol Kota Bandung diselenggarakan dengan menggunakan model pentahelix. Keunggulan dari metode pendidikan bela negara yang dilaksanakan oleh Bakesbangpol Kota Bandung yaitu mengembangkan generasi muda yang tangguh dengan memiliki dimensi geografis, psikologis, security, dan dedikasi, sedangkan kelemahannya yaitu belum adanya metode tindak lanjut dan media bagi generasi muda dalam menjalin komunikasi

Full Text:

PDF

References


Acepudin, dkk. (2017). Penanaman Nilai Dan Norma Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Di SMA Muhammadiyah 2. Jurnal Studi Sosial. 5 (1), hlm. 1-14.

Aji, M. P. (2020). Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Untuk Mendukung Pertahanan Negara: Belajar Dari Korea Selatan. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 10(1), 37-60.

Azhar, M. (2001). Perspektif Islam Tentang Bela Negara. Jurnal Ketahanan Nasional. 6 (1), hlm. 31-64. DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.22024.

Budiyono. (2017). Memperkokoh Ideologi Negara Pancasila Melalui Bela Negara. Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 5 (1), hlm. 55-63. DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1148.

Buzan, B. (1991). New Patterns of Global Security in the Twenty-First Century. International Affairs (Royal Institute of International Affairs). 67 (3), p. 431-451. DOI: 10.2307/2621945.

Darmawan, C. dkk., (2019). Bela Negara Kepemimpinan Pancasila: Modul Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Genevaz, J. (2018). Defense Education in Chinese Universities: Drilling Elite Youth. Journal of Contemporary China. p. 1–15. doi:10.1080/10670564.2018.1542224.

Hidayah, F. & Mustari. (2015). Pelaksanaan Empat Konsep Kebangsaan Dalam Meningkatkan Kesadaran Bela Negara Siswa SMA Negeri 1 Amali Kabupaten Bone. Jurnal Tomalebbi. 2 (3), hlm. 108-113. ISSN: 2355-6439.

Miles, M.D. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit UI Press.

Narbuko, C. & Achmadi, A. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sendow, A.V dan Gerungan, C.A. (2017). Penelitian Kesadaran Bela Negara Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Manado. Jurnal Lex Administratum. 5 (9), hlm. 16-21. ISSN: 2337-6074.

Subagyo, A. (2019). Perception of Society Against State Defence (Case Study in West Java Province). Dalam Proceeding of 1st International Conference on Social Science (ICoSS) ICMI Muda Bandung. ISSN 2715-2030

Suriata, I. N. (2019). Aktualisasi Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Dalam Meningkatkan Ketahanan Nasional. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 47-56.

Syifauzakia. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelas B2 RA Miftahul Falah di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Tesis. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Wantannas. (2018). Modul Utama Pembinaan Bela Negara, Modul I: Konsepsi Bela Negara. Jakarta: Dewan Ketahanan Nasional RI.

Wulandari, A. (2020). Menghadirkan Perempuan dalam Historiografi Pasca Merdeka: Membangun Karakter Bela Negara Melalui Narasi Sejarah. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 10(2), 133-150.

Wawancara

Wawancara dengan Al, di Kota Bandung, 11 Februari 2020

Wawancara dengan AM, di Kota Bandung, tanggal 4 Februari 2020

Wawancara dengan AS, di Kota Bandung, tanggal 5 Februari 2020

Wawancara dengan AT, di Kota Bandung, 14 Februari 2020

Wawancara dengan AV, di Kota Bandung, 12 Februari 2020

Wawancara dengan BD, di Kota Bandung, tanggal 14 Februari 2020

Wawancara dengan EG, di Kota Bandung, tanggal 4 Februari 2020

Wawancara dengan FL, di Kota Bandung, tanggal 5 Februari 2020

Wawancara dengan HN, di Kota Bandung, tanggal 5 Februari 2020

Wawancara dengan ID, di Kota Bandung, tanggal 5 Februari 2020

Wawancara dengan MS, di Kota Bandung, tanggal 12 Februari 2020

Wawancara dengan ST, di Kota Bandung, tanggal 12 Februari 2020

Wawancara dengan YG, di Kota Bandung, 19 Februari 2020




DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v11i1.1168

Copyright (c) 2021 Jurnal Pertahanan & Bela Negara


INDEXED BY:
google_scholar garudacrosref onesearchsinta

Office Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Republic of Indonesia Defense University
Jl. Salemba Raya No.14, Paseban,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440, Indonesia
Email: jurnal.unhan@idu.ac.id



Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.