PERAN PANGKALAN TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN LAUT BANGKA BELITUNG DALAM MENDUKUNG OPERASI KEAMANAN LAUT DI ALKI I

Manahan Budiarto Pandjaitan, Panji Suwarno, Gunardi Gunardi

Abstract


Wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung masih cukup rawan dan berpotensi terjadinya berbagai gangguan dan ancaman yang dapat menganggu jalur ALKI I. Luas wilayah yang menjadi tanggung jawab Lanal Bangka Belitung bila dihadapkan dengan kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki saat ini sangat tidak seimbang. Namun demikian, harus tetap memberikan dukungan terbaik terhadap semua unsur/KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) yang singgah di Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung dalam mendukung operasi keamanan laut di ALKI I. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan kondisi Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung dalam mendukung operasi kemanan laut di ALKI I. Penelitian ini menggunakan teori peran, teori pangkalan, teori Sea Power dan teori trinitas Angkatan Laut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung belum mampu mendukung dengan baik terhadap unsur atau KRI yang akan melaksanakan bekal ulang (bekul). Oleh karena itu, sebaiknya Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung melengkapi sarana dan prasarana yang memadai termasuk dermaga untuk sandar, agar mampu melaksanakan dukungan terhadap unsur atau KRI agar dapat melaksanakan operasi keamanan laut dalam menjaga kedaulatan di wilayah ALKI I.

Kata Kunci: peran pangkalan, keamanan laut, ALKI I


Full Text:

PDF

References


Buku

Buntoro, Kresno, Marsetio, dan Hasjim Djalal. 2012. Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) Prospek dan Kendala. Jakarta: Seskoal.

Data Posal Lanal Bangka Belitung tahun 2018. Bangka Belitung: Posal.

Riduan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Setianegara, Herry. 2014. Strategi Maritim Perang Riau. Jakarta: Pusjianmar-Seskoal.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2015. Teori- Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Simanjuntak, Mangisi. 2018. Konvensi PBB 1982 Tentang Hukum Laut Makna dan Manfaatnya Bagi Bangsa Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media

Soekanto, Soerjono. 1983. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakkan Hukum. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Wijaksono, Hari Wiwit. 2015. Peran Pangkalan TNI Angkatan Laut Balikpapan dalam Mendukung Operasi Keamanan Laut Wilayah Terhadap Keberadaan Objek Vital Nasional. Jakarta: Seskoal.

Jurnal

A, Eko Yuri. 2018. “Strategi Pangkalan TNI Angkatan Laut Banten Dalam Mendukung Pengamanan Di Alur Laut Kepulauan Indonesia I”. Jurnal Prodi Strategi Perang Semesta Unhan. Vol. 4. No. 2.

Mulyadi, Hari. 2017. “Peran Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap Dalam Pembinaan Potensi Maritim Guna Menghadapi Imigran Gelap”. Jurnal Prodi Strategi Pertahanan Laut Unhan. Vol. 3. No. 3.

Tesis

Anugrah, Prima Tegar. 2019. “Strategi Lantamal II Padang Dalam Mengamankan Obyek Vital Nasionaldi

Wilayah Perairan Selatan Sumatera Barat, (Studi Kasus Pelabuhan Teluk Bayur)”. Tesis Mahasiswa Unhan.

Sinaga, Hotma Untung. 2015. “Analisis Kemampuan Pangkalan TNI AL Tarakan dalam Menghadapi Potensi Konflik di Laut Sulawesi (Blok Ambalat)”. Tesis Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-53. Jakarta: Seskoal.

Peraturan

Peraturan Komandan Seskoal Nomor 7 tahun 2019 tentang Pedoman Penulisan Tesis Dikreg Seskoal.




DOI: http://dx.doi.org/10.33172/jpbh.v9i3.634

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2019 Jurnal Pertahanan & Bela Negara

View My StatCounter