INVESTASI MODAL MANUSIA DI BIDANG TEKNOLOGI PERTAHANAN: REVIU PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SDM MODEL HANGGRAENI DAN BOHLANDER

Samto Hadi Isnanto

Abstract


Sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci sukses bagi setiap organisasi untuk bertahan dan memenangkan kompetisi dalam situasi sulit dan lingkungan yang kompetitif. Hal ini hanya bisa terjadi jika seseorang mempunyai kompetensi, komitmen, dan kontribusi bagi organisasi mereka. Pelatihan dan pengembangan merupakan strategi kunci untuk memperoleh kompetensi, komitmen, dan kontribusi. Paper ini bertujuan untuk menggambarkan pelatihan dan pengembangan SDM sebagai investasi modal manusia dalam teknologi pertahanan. Melalui studi kepustakaan, paper ini akan menjawab : apa yang dimaksud dengan investasi modal manusia dan teknologi pertahanan? bagaimana pelatihan dan pengembangan SDM menjadi strategi kunci untuk investasi? Paper ini menemukan bahwa terdapat beragam definisi modal manusia. Namun demikian, modal manusia sebagai aset tak terlihat, terdiri dari pengetahuan, skill, sikap, dan tingkah laku, adalah pemahaman bersama antar akademisi yang paling utama. Sementara, teknologi pertahanan adalah aplikasi pengetahuan dan ilmu vokasional termasuk seluruh fasilitas yang digunakan oleh organisasi untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas negara dari berbagai ancaman. Dengan mereviu model pelatihan dan pengembangan dari Hanggraeni dan Bohlander, paper ini mengajukan pelatihan untuk memperoleh kompetensi dari teknisi dan operator dalam teknologi pertahanan. Sementara pengembangan bertujuan untuk mencapai kompetensi peneliti, perancang, dan pengembang dalam teknologi pertahanan.

 

Kata Kunci: modal manusia, pelatihan dan pengembangan, sumber daya manusia


Full Text:

PDF

References


Buku

Baron, Angela dan Michael Amstrong. 2013. Human Capital Management: Achieving Added Value

Through People (Terjemahan Lilian Yuwono). Jakarta: PPM.

Bohlander, George W. dan Scott A. Snell. 2013. Principles of Human resources Management,

Singapore: Cengage Learning.

Hanggraeni, Dewi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:LPFE UI.

Kadarisman, M. 2012. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Press. Ulrich, Dave et.al. 2009. Human Resources Transformation: Building Human Resources from Outside

In. USA: the RBL Institute.

Wirawan. 2012. Evaluasi:Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: Rajagrafindo Persada.

Laporan

Laporan UNDP 2011 tentang Human Development Index, dalam http://hdr.undp.org/sites/default/files/reports/271/hdr_2011_en_complete.pdf, diunduh pada 15 Maret 2015.

Laporan WEF tahun 2012, dalam http://www3.weforum.org/docs/WEF_GCR_Report_2011-12.pdf, diunduh pada 15 Maret 2015.

Lain-lain

UU No. 2 Tahun 2002 tentang Pertahanan negara pasal 1 ayat 1.

UU No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara nasional Indonesia pasal 1 ayat 5.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dalam http://kbbi.web.id/teknologi, diunduh pada 16 Maret 2015.

Kamus Mariam Weber Dictionary.

Website

Hidayatullah, Alfian, "Pengertian apa itu teknologi", dalam http://www.techeep.com/pengertian- definisi-apa-itu-teknologi.xhtml, diunduh pada 16 Maret 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.33172/jpbh.v5i1.353

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 55 times

Copyright (c) 2018 Jurnal Pertahanan & Bela Negara

View My StatCounter