DIPLOMASI PERTAHANAN INDONESIA DALAM MENCAPAI KEPENTINGAN NASIONAL

Budyanto Putro Sudarsono(1*), Jonni Mahroza(2), Surryanto D.W.(3),

(1) Universitas Pertahanan Indonesia
(2) Universitas Pertahanan Indonesia
(3) Universitas Pertahanan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam mencapai dan mengamankan kepentingan negara, diplomasi selalu menjadi pilihan negara sebagai cara dominan untuk meraih tujuan tersebut. Dalam pelaksanaannya, negara dapat menggunakan sumber-sumber kekuatan yang dimiliki, antara lain, kekuatan militer, ekonomi, politik, intelijen dan sebagainya. Penggunaan militer sebagai salah satu instrumen dalam diplomasi sudah menjadi hal yang tidak terhindarkan lagi. Semua pihak pasti sepakat bahwa dalam berdiplomasi, negosiasi merupakan inti dari diplomasi, sehingga kemenangan dalam bernegosiasi juga bisa diartikan sebagai kemenangan dalam berdiplomasi. Untuk bisa bernegosiasi dengan baik, kekuatan bargaining position merupakan syarat penting yang harus dimiliki oleh suatu bangsa. Posisi tawar suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh national power bangsa dan salah satu komponen yang menonjol dari national power tersebut adalah komponen militer. Hal inilah yang membuat militer sulit untuk dipisahkan dari diplomasi negara. Penelitian ini dirancang guna memperoleh pemahaman tentang diplomasi pertahanan Indonesia dalam mencapai kepentingan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran diplomasi pertahanan Indonesia dalam mencapai kepentingan nasional serta bagaimana mengoptimalkannya dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peran diplomasi pertahanan dalam mencapai kepentingan nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data saat peneliti berada di lapangan. Lokasi penelitian dilakukan wilayah Kota Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran diplomasi pertahanan dalam mencapai kepentingan nasional belum optimal dan capaiannya masih sebatas pada isu pertahanan semata; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi peran diplomasi pertahanan ditinjau dari beberapa dimensi yaitu dimensi kapasitas dan kapabilitas TNI, dimensi Kerjasama antar instansi dan dimensi penyusunan strategi diplomasi.

Kata Kunci : Diplomasi pertahanan, strategi diplomasi, kepentingan nasional


Full Text:

PDF

References


Buku

Anitah W, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

A.M., Luthfiana Chandra, dan Mahrita. 2012. Defining National Interest.

Amstutz, Mark R.. 2013. International Ethics: Concepts, Theories, and cases in Global Politics 4th Ed. Boulder: Rowman and Littlefield.

Hatta, M. 1988. Mendayung Antara Dua Karang. Jakarta: Bulan Bintang.

J., Salusu. 2006. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo.

Mainheim, Jarol B.. 1990. Strategic Public Diplomacy: The Evolution of Influence. London: Oxford University Press.

Moleong, Lexy J.. 2012. Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Morgenthau, H.J. 1951. Defense of the National Interest: A Critical Examination of American Foreign Policy. New York: University Press of America.

Papp, D. S.. 1988. Contemporary International Relation": A Framework for Understanding, Second Editions. New York: MacMillan Publishing Company.

Pedrason, R.. 2015. Asean Defence Diplomacy: The Road to Southeast Asian Defence Community,. Heidelberg: University of Heidelberg.

Rangkuti, Freddy. 2013. SWOT Balance Scorecard. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syawfi, I. 2009. Aktivitas Diplomasi Pertahanan Indonesia Dalam Pemenuhan Tujuan-Tujuan Pertahanan Indonesia (2003-2008). Jakarta: Universitas Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Winger, Gregory. 2014. The Velvet Gauntlet: A Theory of Defense Diplomacy. Vienna: IWM Junior Visiting Fellows’ Conferences.

Jurnal

Carlsnaes, Walter. 2016. “The Agency-structure Problem in Foreign Policy Ananlysisâ€, International Study Quarterly. Vol.36, No.3, hlm. 245-270.

Covey, Stephen. 1989. “The 7 Habith of Highly Effective Peopleâ€. Jurnal Pembangunan Jangka Menengah.

Holsti, K.J.. 1970. “National Role Conceptions in The Study of Foreign Policyâ€. International Studies Quarterly. Vol. 14, No. 3, hlm. 233-309.




DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v8i3.441

Copyright (c) 2018 Jurnal Pertahanan & Bela Negara


INDEXED BY:
google_scholar garudacrosref onesearchsinta

Office Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Republic of Indonesia Defense University
Jl. Salemba Raya No.14, Paseban,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440, Indonesia
Email: jurnal.unhan@idu.ac.id



Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.