DAMPAK PEMBERLAKUAN AIR DEFENSE IDENTIFICATION ZONE (ADIZ) CINA TERHADAP KEAMANAN ASIA PASIFIK

Safril Hidayat(1*),

(1) Pamen Kostrad
(*) Corresponding Author

Abstract


Air Defense Identification Zone (ADIZ) atas Pulau Diaoyu/Senkaku oleh Cina pada tanggal 23 November 2013 menimbulkan persoalan tumpang tindih kedaulatan dan mengakibatkan multilateralisasi isu keamanan di Laut Cina Timur. Sebagai konsekuensi atas tindakan Cina tersebut, maka Jepang meningkatkan nasionalisme dan remiliterisasi pasukan bela dirinya. Keputusan dan kebijakan politik luar negeri Cina tersebut dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternalnya. Kebijakan politik luar negeri memiliki sumber daya internal sebagai input bagi pembuat keputusan yang meliputi determinan internal dan determinan eksternal. Kebijakan Cina ini akan diekplorasi melalui model pembuatan keputusan dalam rangka memahami para pembuat keputusan dan determinan luar negeri yang mempengaruhi dalam proses pengambilan keputusan. Sebagai hasilnya, maka konflik ADIZ yang dilakukan oleh Cina akan menjadi suatu isu ‘gun race’ (perlombaan senjata) atau‘tit-for-tat’ (gayung bersambut) antara kekuatan-kekuatan dominan dalam sistem internasional. Kebijakan Cina ini juga akan mewujudkan suatu perimbangan kekuatan (balance of power) yang baru dan dilema keamanan (security dilemma) di Laut Cina Timur. Lebih lanjut bila kompromi tidak dapat dicapai di kawasan tersebut, maka Laut Cina Selatan dan Asia Pasifik akan menjadi lapangan konflik yang baru di masa mendatang.

 

Kata Kunci - Kebijakan Luar Negeri, ADIZ Cina, keseimbangan kekuatan, keamanan Asia Pasifik.

Full Text:

PDF

References


Buku

Alison, Graham T. 1971. Essence of Decision: Explaining the Cuban Missile Crisis. Boston: Little Brown.

Anderson, Paul A. 1987. “What Do Decisions Makers Do When They Make A Foreign Policy Decision? The Implications for the Comparative Study of Foreign Policyâ€, dalam James N. Rosenau, et al., (eds). 1987. New Direction in the Study of Foreign Policy. Boston: Unwin.

Hudson, et al. 2002. Foreign Policy Decision Making (Revisited). New York: Palgrave Macmillan.

Jensen, Lloyd. 1982. Explaining Foreign Policy. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Lovell, John P. 1970. Foreign Policy in Perspective: Strategy, Adaptation, Decision Making. New York: Holt, Reinhart and Winston Inc.

Lanteigne, Marc. 2009. Chinese Foreign Policy: An Introduction. New York: Routledge.

Liang, Qiao dan Wang Xiangsui. 1999. Warfare beyond Bounds. Beijing: PLA Literature and Arts Publishing House.

Rosenau, James N. 1969. International Politics and Foreign Policy: A Reader in Research and Theory. New York: The Free Press.

Snyder, Richard C. H.W. Bruck & Burton Sapin (eds). 1962. Foreign Policy Decision Making: An Approach to the Study of International Politics. New York: The Free Press.

Surat Kabar

Pattiradjawane, Rene L. “Pax Tiongkokisasi: Kalkulasi Strategi Keamanan Asiaâ€, Kompas, 2 Desember 2013.

Website

Dingli, Shen, dalam Zachary Keck, The Diplomat Flashpoint, “Why is China Isolating Japan and the Philippines?†dalam http://thediplomat.com/2013/10/why-is-china-isolating-japan-and-the-philippines/, diunduh pada 3 Desember 2013.

Danlu, Tang “Special: China Establishes Its First Air Defense ID Zone†dalam http://news.xinhuanet.com/english/china/2013-11/26/c_132917708.htm, diunduh pada 3 Desember 2013.

Kai, Jin, The Diplomat Features, Structural Distrust: Undermining a Senkaku/Diaoyu Solution, dalam http://thediplomat.com/2013/10/structural-distrust-undermining-a-senkakudiaoyu-solution/, diunduh pada 3 Desember 2013.

VOA Indonesia, “Pentagon: Pakta AS-Jepang Meliputi Kepulauan Sengketaâ€, dalam http://www.voaindonesia.com/content/pentagon-pakta-as-jepang-termasuk-pulau-sengketa/1799232.html, diunduh pada 3 Desember 2013.

Yani, Yanyan Mochamad Drs., MAIR., Ph.D, Politik Luar Negeri, 2007. Bahan Ceramah yang disampaikan pada acara Ceramah Sistem Politik Luar Negeri bagi Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (Sesko TNI AU) Angkatan ke-44 TP 2007. Bandung, 16 Mei 2007, dalam http://www.unpad.go.id, diunduh pada 3 Desember 2013.




DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v4i1.322

Copyright (c) 2018 Jurnal Pertahanan & Bela Negara


INDEXED BY:
google_scholar garudacrosref onesearchsinta

Office Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Republic of Indonesia Defense University
Jl. Salemba Raya No.14, Paseban,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440, Indonesia
Email: jurnal.unhan@idu.ac.id



Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.