PENGARUH KEPEMIMPINAN PERWIRA PENGASUH TERHADAP NILAI PRESTASI MELALUI MOTIVASI DAN DISIPLIN TARUNA AKADEMI TNI ANGKATAN LAUT

Dwi Hartono(1*), I Wayan Warka(2), Purwanto Purwanto(3),

(1) LPPM Universitas Pertahanan
(2) Dosen SPL - Universitas Pertahanan
(3) Keamanan Maritim - Universitas Pertahanan
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak - Mengingat betapa vital peran perwira pengasuh taruna terhadap pembentukan calon kader perwira TNI Angkatan Laut serta mengingat belum terukurnya pengaruh kepemimpinan perwira pengasuh tersebut kepada taruna secara keilmuan, maka pada penelitian ini dilaksanakan penghitungan pengaruh kepemimpinan perwira pengasuh taruna terhadap motivasi dan disiplin taruna serta pengaruhnya terhadap prestasi taruna. Melalui penghitungan dengan sofware Amos 18 diketahui bahwa kepemimpinan perwira pengasuh ternyata memang berpengaruh signifikan positif sebesar 0,43 terhadap motivasi taruna serta berpengaruh signifikan positif sebesar 0,10 terhadap disiplin taruna. Selain itu dalam penelitian ini juga diketahui bahwa motivasi taruna berpengaruh signifikan positif sebesar 0,30 dan disiplin taruna berpengaruh signifikan positif 0,90 terhadap prestasi taruna. Melihat hasil penelitian tersebut perlu dibuat standart penilaian terhadap kepemimpinan perwira TNI Angkatan Laut yang akan ditempatkan sebagai perwira pengasuh di AAL, sehingga melalui kepemimpinan tersebut akan diperoleh tunas-tunas perwira baru TNI Angkatan Laut yang handal dan profesional.


Kata Kunci: perwira pengasuh, taruna; kepemimpinan, motivasi, disiplin, prestasi, uji validitas, reliabilitas, SEM


Abstract - Given how vital the role of caregiver officer to the formation of candidate cadres of Naval officer of Navy and considering the unaccounted influence of leadership of caregiver officer to cadet in scientific, hence in this research counted the influence of leadership of caregiver officer to motivation and discipline of cadets and its influence to the achievement of cadets. Through the calculation with the software Amos 18 known that the leadership of caregiver officer was indeed a significant positive effect of 0.43 on cadet motivation and a significant positive effect of 0.10 on cadet discipline. Also in this study also known that cadet motivation have a significant positive effect of 0.30 and cadet discipline has a significant positive effect of 0.90 on cadets achievement. Seeing the results of this study should be made standard assessment of the leadership of Navy officers who will be placed as a caregiver officer in the AAL, so that through the leadership will be obtained shoots of new officers of the Navy a reliable and professional.


Keywords: caregiver officer, cadets, leadership, motivation, discipline, achievement, test validity, reliability, SEM


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Buku

Alex ,Sobur (2003). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Alwi, Syarufuddin (2001), Manajemen Sumber Daya manusia, strategi Keunggulan Kompetitif, BPFE, Yogyakarta

Ancok, Djamaludin (1992), Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. (seri Metodologi No.9), Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Boekaerts, Monique, Pintrich, Paul.R, Moshe (2002), Handbook of Self Regulation, California, USA: Academic Press.

Buchori,M (1983), Teknik-Teknik Evaluasi dalam Pendidikan. Bandung:Jemmas.

Cherniss, Cary and daniel Goleman (ed) (2001), The Emotionally Intelligent Workplace: How to select for,Measure and Improve Emotionall Entelligent in Individuals, Group and Organization,San Fransisco: Jossey Bass.

Creswell, John. W (2010), Reseach Desain-Quantitative and Qualitative Approaches: Sage Publications.

Davis, Keith dan John W.Newstrom, (1985), Perilaku Dalam Organisasi, Jilid I, Edisi 7:Erlangga, Jakarta.

Djawanto, (1998), Statistik Sosial Ekonomi, Bagian Pertama, Edisi Kedua, Ceatakan ketiga: BPFE,Yogyakarta.

Ferdinand A (2002), STRUCTURAL Equation Modeling Dalam Penelitan Manajemen, Edisi 2, Seri Pustaka Kunci 03/BP Undip.

Ghozali, Imam (2008), Generalized Structured Component Analysis (GSCA) Model Persamaan Struktural Berbasis Komponen, Cetakan Pertama, Semarang: Badan Penerbit Undip.

Handoko, T.Hani (1994), Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu, SP, (1994), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Gunung Agung.

Jhon C Maxwell (1993), Irrefutable Laws of Leadership. Tennessee: Thomas Nelson,Inc

Jhon S. Suria Sumantri (2003), Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Polpuler. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Jhon S. Santrock (2008), Psikologi Pendidikan,Jakarta: Prnada Media Group.

Kerlinger, Fred N (2002),Asas-asas Penelitian Behavior, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kosen, S (1990), Aspek Manusia Dalam Organisasi (edisi ke 3), Jakarta: Erlangga.

Malhotra, N.K (2004), Marketing Reseach: An Applied Orientation, 4th Edition. New Jersey:Pearson Education Inc.

Mangkunegara, AA (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Numbery, Fredy (2010), Kepemimpinan Seanjang Zaman, Jakarta: PT. Bhuma Ilmu Populer.

Ormond, J.E (2009), Educational Psychology Developing Learnes (4th ed). USA: Meril Prentice Hall.

Robbin, Stephen P (1996), Perilaku Organisasi.Jakarta: PT. Bhuma Ilmu Populer.

Shelthon. L.G dan Kanuk LL (2007), Cinsumer Behavior (9th ed). New Jersey:Prentice Hall.

Siagian, Sondang P(2003), Teori dan Praktik Kepemimpinan. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.

Sugiyono (2013), Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV.Alfabetha.

WJS. Purwadarminto (2007), Kamus Umum Bahas Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Jurnal, Disertasi, Tesis dan Skripsi

Ida Ayu Septy Diantri dan Ni Made Yuniarti (2012), Pengaruh Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Cabang Denpasar. Jurnal Studi manajemen, Vol 4, No.3 Desember 2012.

Deni, Anggih Rizkinandar (2015). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan

Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Kelas XI Jurusan teknik Permesianan SMSK Negeri 3 Yogyakarta. UNY.

Ma’amum Syukron (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Disipin Kerja dan Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada KSU BMT Bina Mitra Mandiri Kudus). Skripsi Semarang. IAIN Walisongo.

Mardiyah, Agustiningsih (2010). Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening (Studi terhadap Guru SD Negeri di Kecamatan Gondang Rejo, Kabupaten Karanganyar0/Thsis, Yogyakarta.UIN Sunan Kalijaga.

Ridwan,Moh (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mapel PAI di SDN Jadi Sumber. Thesis.Semarang.IAIN Walisongo.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2009 tentang Standar Kompetensi Pengasuh Institut Pemerintah Dalam Negeri.

TNI Angkatan Laut, Kepala Staf (2000). Kepemimpinan TNI Angkatan Laut. Jakarta: Markar Besar TNI Angkatan Laut.

Surat Keputusan Gubernur AAL Nomor Kep/02/I/2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengasuhan Taruna AAL.Surabaya: AAL.




DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v7i2.210

Copyright (c) 2017 Jurnal Pertahanan & Bela Negara


INDEXED BY:
google_scholar garudacrosref onesearchsinta

Office Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Republic of Indonesia Defense University
Jl. Salemba Raya No.14, Paseban,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440, Indonesia
Email: jurnal.unhan@idu.ac.id



Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.