PENGARUH MODERNISASI ALAT UTAMA SISTEM PERTAHANAN BATALYON BEKANG TERHADAP KESIAPAN DUKUNGAN LOGISTIK TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT

Boby Wijayanto, Nanang Eko Ismurdianto, Andyka Kusuma

Abstract


Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu negara dengan jalur strategis perdagangan dunia, dan hal ini menjadi faktor pendukung yang menguntungkan dalam berbagai sektor di Indonesia. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang juga sangat luas memiliki implikasi pertahanan negara yang kompleks dan sangat terbuka sehingga mudah dimasuki oleh siapa saja dari berbagai arah. Luas wilayah NKRI terdiri atas 7,7 juta km2, terbentang dari Sabang hingga Merauke, dari P. Miangas sampai P. Rote terdiri atas 17.504 pulau dipersatukan oleh laut dan samudera yang luas. Permasalahan yang timbul sekarang ini adalah dimana alutsista TNI AD khususnya di Batalyon Bekang sudah tua dan kurang efektif dalam mendukung kegiatan logistik, namun secara teknis modernisasi alutsista TNI AD sebelumnya melalui pertimbangan komprehensif, yang utamanya didasarkan kepada efektivitas kegiatan yang dapat mendukung tugas pokok serta penggunaan alutsista dalam suatu kegiatan operasi yang efektif dan efisien. Selain itu dalam artian modernisasi peralatan dan persenjataan militer selain dapat mendukung kegiatan logistik juga harus mampu teruji dalam pertempuran (Combat Proven). Dalam pemenuhan alutsista secara modern sangat diharapkan dalam mendukung tugas pokok TNI AD khususnya dukungan untuk alutsista di Batalyon Bekang, pemenuhan kapal-kapal angkut logistik yang modern. Penelitian ini menganalisis pengaruh modernisasi alutsista Batalyon Bekang terhadap kesiapan dukungan logistik TNI AD dengan sampel penelitian di satuan Batalyon Bekang TNI AD dengan analaisis data menggunakan metode SPSS (Statistical Package for Social Sciences) guna mendapatkan penilaian secara obyektif tentang pengaruh kesiapan dukungan satuan dari analisis data tersebut terhadap tugas pokok TNI AD. Dengan adanya modernisasi alutsista maka diharapkan kesiapan Batalyon dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya di masa depan.

Kata Kunci : alutsista, modernisasi, logistik, SPSS (Statistical Package for Social Sciences)


Full Text:

PDF

References


Buku

Agustini, Dwi Hayu, M.Y. 2009. Riset Operasional Konsep-Konsep Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Donald, J. Bawersox. 1978. Manajemen Logistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Eccles, Henry E. 1959. Logistic in The National Defence. Harrisburg, Pennsylvania: The Military Service Publishing Company.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Soerjono, Soekanto. 1987. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Starori, Toto dan Ghozali. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Jurnal

Doetoyo Brigjen TNI. 2016. ”Tentang Modernisasi Alutsista TNI AD”. Jurnal Yudhagama. No. 2. Vol. 36, Edisi Juni.

Rahmat, Angga Nurdin. 2016. “Tantangan dan Peluang Perkembangan Teknologi Pertahanan Global Bagi Pembangunan Kekuatan Pertahanan Indonesia”. Jurnal Ilmu Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Jenderal Ahmad Yani. Bandung.

Vikoyusufo, Dollygrareo Stelix. 2017. “Dampak Pengadaan Alutsista Dalam Pertahanan di Indonesia Dikaitkan Dengan Politik Hukum di Indonesia”. Tesis Kuliah Politik Hukum. Fakultas Hukum

Program Studi Magister Kenotariatan. Universitas Padjadjaran Bandung.

Website

Hidayat, Anwar, “Penjelasan Tentang Analisis Multivariat dan Jenisnya”, dalam https://www.statistikian.com/2016/11/analisis-multivariat.html, diakses pada 20 Juni 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.33172/jpbh.v9i3.636

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2019 Jurnal Pertahanan & Bela Negara

View My StatCounter