MODEL INTERNALISASI SOFT SKILL BELA NEGARA BAGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) MELALUI KEGIATAN TERINTEGRATIF DAN BERKELANJUTAN

Machya Astuti Dewi, Asep Saepudin, Indro Herry Mulyanto, Kurnia Arofah

Abstract


Artikel ini adalah hasil dari penelitian kelembagaan, yang bertujuan untuk mengembangkan model internalisasi soft skill bela negara bagi mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta dalam menghasilkan lulusan yang memiliki karakter bela negara. Dalam penelitian ini, beberapa tahapan dilakukan, yaitu tahap pertama dalam merumuskan soft skill bela negara yang dijabarkan dari nilai-nilai dasar bela negara. Tahap selanjutnya adalah menyusun bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan mulai diterima sebagai mahasiswa baru hingga mahasiswa lulus. Kegiatannya terdiri dari kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler. Tahap ketiga adalah mengatur tahapan internalisasi soft skill bela negara berdasarkan bentuk kegiatannya. Tahap internalisasi dimulai dengan tahap pengenalan, kesadaran, penguatan, aktualisasi dan penguatan lebih lanjut. Tahap ketiga ini adalah model internalisasi soft skill pertahanan negara yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Kata Kunci: internalisasi, soft skills, bela negara, integratif, berkelanjutan


Full Text:

PDF

References


Buku

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta: Penerbit Arga.

Jurnal

Aly, Abdullah. 2017. “Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi”. Jurnal Ishraqi. Vol. 1. No. 1.

Firdaus, Ida. 2017, “Urgensi Soft Skills Dan Character Building Bagi Mahasiswa”. Jurnal TAPIs. Vol. 14. No.1.

Hadi, Yulianto, Djoko Suryo, F.X. Sudarsono. 2014. “Dinamika Penanaman Nilai-Nilai Bela Negara Kadet Maguwo Dalam Perspektif Historis”. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 2. No. 2.

Hamidah, Siti, Sri Palupi. 2012. “Peningkatan Soft Skills Tanggung Jawab Dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri”. Jurnal Pendidikan Karakter. No. 2.

Manara, M. Untung. 2014. “Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri”. Jurnal Psikologi Tabularasa. Vol. 9. No. 1.

Nopranto, Agung. 2014. “Pengaruh Mata Kuliah Simulasi Proses Akuntansi (MOAL) terhadap Karakteristik Kesiapan Kerja (Soft Skills) Mahasiswa Akuntansi Universitas Bakrie. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie. Vol. 2. No. 3.

Pramuniati, Isda. 2009. “Integrasi Soft Skills Melalui Learning Revolution Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Perguruan Tinggi”. Jurnal Unimed. No 73.

Supriadi, Acep, dan Mitha Harpani Matnuh 2014. “Internalisasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PKN Pada Siswa MAN 2 Model Banjarmasin”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 4. No. 8.

Wagiran. 2013. “Model Penguatan Soft Skills Dalam Pewujudan Calon Guru Kejuruan Profesional Berkarakter” Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran. Vol. 43. No 1.

Widarto, Pardjono, Noto Widodo. 2012. “Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Dan Hard Skills Untuk Siswa SMK”. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Th. XXXI. No. 3.

Widyaningsih, Titik Sunarti, Zamroni, Darmiyati Zuchdi. 2014. “Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis (Studi Kasus Di SMP 2 Bantul)”. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 2. No. 2.

Skripsi

Wahyuni. 2016. “Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Rusady, Fransisca Bestari, (2016), “Hubungan Hard Skill, Softskill, dan Pengalaman Kerja dengan Kinerja Karyawan”. Skripsi, Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Dokumen

LPPM UNS. 2016. “Pembelajaran Orang Dewasa”. Materi Pekerti-AA.

Marzuki, M. Thamrin. 2016. “Tataran Dasar Bela Negara”. Buku Ajar tentang Bela Negara. Jakarta: Ditjen Pothan, Kementerian Pertahanan RI.

Saepudin, Asep. 2013. “Model Pembelajaran Inovatif”. Materi Pelatihan Peningkatan dan Pengembangan Mutu Pembelajaran (P3MP)-P3AI UPNVY ANGKATAN VII. Yogyakarta, 26 Juni.

Peraturan Perundangan

Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945.

Undang Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM.

Undang-Undang Nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Peraturan Presiden Nomor 21 tahun 2014 tentang Pendirian UPN “Veteran” Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33172/jpbh.v9i3.633

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2019 Jurnal Pertahanan & Bela Negara

View My StatCounter