INTEGRASI METODE SERVICE QUALITY, KANO MODEL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH STAF DAN KOMANDO ANGKATAN LAUT

Dudy Hilmansyah

Abstract


TNI Angkatan Laut menyelenggarakan pendidikan Sekolah Staf dan Komando (Seskoal) yang juga diikuti oleh Perwira dari Angkatan Laut mancanegara sebagai kegiatan diplomatik pada operasi militer selain perang. Dari keberhasilan yang telah dicapai TNI Angkatan Laut, beberapa Pejabat Strategis Angkatan Laut negara sahabat menyebutkan bahwa TNI Angkatan Laut sudah berkelas dunia. Namun dari pernyataan beberapa Pasis mancanegara yang tengah mengikuti pendidikan reguler Seskoal angkatan ke-53, khususnya mengenai kualitas pelayanan di Seskoal masih terdapat banyak hal yang belum mencerminkan lembaga pendidikan yang berkelas dunia. Komandan Seskoal, bertekad membawa Seskoal kearah yang lebih maju, cerdas dan lebih diakui keberadaannya baik di lingkungan TNI, Nasional dan Internasional. Artikel ini berusaha menjawab beberapa pertanyaan, apa saja atribut pelayanan Seskoal; bagaimana klasifikasi atribut pelayanan di Seskoal; atribut pelayanan apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan; dan apa yang menjadi usulan prioritas sebagai action plan. Berdasarkan hasil pengamatan, diskusi dan wawancara dengan Pasis mancanegara didapatkan 54 atribut layanan Seskoal. Dari atribut layanan tersebut terdapat 3 atribut yang masuk dalam kategori questionable, 3 atribut masuk kategori reverse, 15 atribut masuk kategori indifferent, 17 atribut masuk kategori attractive, 8 atribut masuk kategori one dimensional dan 8 atribut masuk kategori must be. Berdasarkan hasil studi ini diperoleh 16 atribut layanan dengan prioritas tinggi sebagai usulan perbaikan terhadap atribut tersebut sebagai upaya peningkatan Seskoal dalam rangka mewujudkan visi World Class Navy.

 

Kata Kunci : service quality, Kano, Quality Function Deployment, Seskoal, World Class Navy


Full Text:

PDF

References


Buku

Bowen, D.E. & Lawyer III, E. E. 1994. "Total quality-oriented human resources management”, dalam R. A. Noe Hollenbeck, J.R., B. Gehart & P. M. Wright. Reading in Human Resource Management. Boston: Massachusetts: Richard D. Irwin, Inc.

F. Tjiptono & G. Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. (ed .2). Yogyakarta: Andi.

Jasfar, Farida. 2012. Teori dan Aplikasi Sembilan Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa, Sumber Daya Manusia, Inovasi dan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Octavian, Amarulla. 2013. Transformasi Pendidikan Militer: Telaah Sosiologi Sekolah Staf dan Komando TNI AL di Era Global. Jakarta: Seskoal.

Pramesti, Getut. 2015. Kupas Tuntas Data Penelitian. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Taufiqoerrochman. 2014. Akademi TNI Angkatan Laut Kelas Dunia. Bumimoro: AAL.

Tjiptono, Fandy dan Diana. 2000. Total Quality Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, Tony. 2014. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Indeks.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Indeks. Cet ke-2.

Wibisono, Dermawan. 2012. How to Create A World Class Company, Panduan bagi Manajer dan Direktur, Jakarta: Kompas Gramedia.

Jurnal

Tan, Kay C dan Theresia AP. 2002."Integrating Servqual and Kano's Model in to QFD for Service Excellence Development". Managing Service Quality 11. Number 6

Website

http://Seskoal.tnial.mil.id/Profil/ejarah/tabid/229/Default. Aspx, diunduh pada 2 Desember 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.33172/jpbh.v6i1.301

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 151 times

Copyright (c) 2018 Jurnal Pertahanan & Bela Negara

View My StatCounter