FENOMENA KESADARAN NILAI-NILAI BELA NEGARA BAGI GENERASI MUDA DI LINGKUNGAN KAMPUS

Rachel Amelia Masridha(1*), Iga Purnama Mukti(2), Fitri Syofiah(3), Muhammad Rifki(4), Satino Satino(5),

(1) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
(2) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
(3) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
(4) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
(5) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesadaran bela negara merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan demi keberlangsungan suatu negara. Bela negara itu sendiri adalah sikap, tindakan, dan perilaku warga negara yang dilandasi oleh rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Adanya nilai-nilai bela negara yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari membuat suatu negara dapat terhindar dari berbagai ancaman baik militer maupun non militer. Bela negara memiliki beberapa nilai dasar, yaitu: Kecintaan kepada tanah air, Kesadaran berbangsa dan bernegara, Yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara, Memiliki kemampuan bela negara baik secara psikis maupun fisik. Semangat mewujudkan negara yang berdaulat, adil, dan makmur, bagi generasi muda khususnya, sikap patriotik yang harus dimiliki adalah semangat kejuangan yang diwujudkan dalam semangat belajar yang tekun dan rajin. Selain itu, cintai tanah air dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia dan meneruskan perjuangan mereka dengan cara belajar dengan giat dan tekun untuk dapat membanggakan nama bangsa Indonesia.


Keywords


Bela negara; Fenomena; Generasi muda; Kesadaran; Kampus

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruksi dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persara.

Agus, E., & Zulfahmi. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Pancasila. Jurnal Kajian Hukum, 2(1), 26–38.

Aryani, I. K., Susatim, M., & Jamaludin, A. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia.

Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 196. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1442.

Bertens, K. (1981). Filsafat Barat dalam Abad XX. Jakarta: Gramedia.

Chabib, T. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyatmi, S. H., Sulasmono, B. S., Raharjo, W., Kustadi, Kurnia, T. S., Rauta, U., et al. (2012). Pendidikan Kerwarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatimah, S., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Karakter Jati Diri Anak Bangsa. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(5). Retrieved from https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/205.

Gredinand, D. (2017). Penerapan Pendidikan Bela Negara di Perguruan Tinggi. Jurnal Prodi.Idu.Ac.Id, 1–27.

Handayani, P. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Membangun Kesadaran Sikap Bela Negara pada Generasi Milenial dan Siswa Sekolah Dasar dalam Sistem Pertahanan Negara. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4874–4880. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1578

HidayahI, Y., Retnasari, L., & Ulfah, R. A. (2020). Membangun Sikap Bela Negara Mahasiswa Melalui Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 85–100. https://doi.org/10.37329/ganaya.v3i1.424.

Juhari, S. Y. (2015). Strategi Pengembangan Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) Melalui Pendidikan Bela Negara Bagi Nasionalisme dan Patriotisme Generasi Muda: Studi Kasus di Depo Pendidikan Bela Negara Rindam III Siliwangi (Disertasi Doktoral, Universitas Pendidikan Indonesia).

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. California: Sage Publications.

Mulyasa, E. (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pitaloka, A. R., & Wibawani, S. (2019). Implementasi Kebijakan Pembangunan Karakter Bela Negara melalui Mata Kuliah Pendidikan Bela Negara Di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(1). https://doi.org/10.33005/jdg.v9i1.1422.

Rahayu, M., Farida, R., & Apriana, A. (2019). Kesadaran Bela Negara Pada Mahasiswa. Epigram, 16(2), 175–180. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2232.

Satya, P. T. (2020). Peran Pemuda Milenial dalam Bela Negara (The Role Of Millenial Youth In The State Defense). SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3624914.

Setiono, K. Y. (2017). Bela Negara Dalam Perspektif Strategi Dan Kebijakan Pertahanan Negara. Majalah Wira. Edisi Khusus 2017, 6.

Suriata, I. N. (2019). Aktualisasi Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Dalam Meningkatkan Ketahanan Nasional. Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 47–56. Retrieved from https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/public-inspiration/article/view/1273/909.

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 Ayat 3 Tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Upaya Pembelaan Negara.

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 30 Ayat 1 Tentang Pertahanan dan Keamanan Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 Pasal 9 Ayat (1) Tentang Pertahanan Negara.

Widodo, S. (2011). Implementasi Bela Negara untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(1), 18–31.

Wijayanto J., R., & Marzuki, M. (2018). Pendidikan Bela Negara Sebagai Tonggak Peradaban Jiwa Patriotisme Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 186. https://doi.org/10.17977/um019v3i2p186-191




DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v12i2.1720

Copyright (c) 2022 Jurnal Pertahanan & Bela Negara


INDEXED BY:
google_scholar garudacrosref onesearchsinta

Office Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Republic of Indonesia Defense University
Jl. Salemba Raya No.14, Paseban,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440, Indonesia
Email: jurnal.unhan@idu.ac.id



Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.