ANALISA KEBIJAKAN TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM KOMPONEN CADANGAN PADA SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DI PERGURUAN TINGGI INDONESIA

Julianto Fernandes Samosir(1*), Mulyadi DR.(2), Margaretha Hanita(3),

(1) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia
(2) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia
(3) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem pendidikan nasional memainkan peran krusial dalam pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan bangsa. Program komponen cadangan telah diperkenalkan sebagai upaya untuk mengatasi tantangan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, seperti kurangnya dana, fasilitas, dan pengembangan kurikulum. Namun, keberhasilan implementasi program ini sangat tergantung pada faktor-faktor kebijakan yang mendukungnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan yang mempengaruhi implementasi program komponen cadangan dalam sistem pendidikan nasional di perguruan tinggi Indonesia. Metode penelitian ini melibatkan analisis kebijakan publik dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi literatur, wawancara dengan stakeholders pendidikan, serta analisis dokumen kebijakan terkait. Adapun hasil dari penelitian ini adalah belum adanya kesepahaman tentang konsep pelatihan militer yang dibuat oleh Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga terjadi bias oleh publik terutama kalangan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan belum adanya pedoman yang jelas serta sosialisasi menyeluruh kepada para mahasiswa di kampus tentang penyelenggaraan program Komponen Cadangan tersebut serta indikator Kinerja Utama ke-2 (Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus) tidak menyebut dengan eksplisit akan adanya program pelatihan militer.


Keywords


Sistem Pendidikan Nasional; Bela Negara; Komponen Cadangan; Analisis Kebijakan; Sistem Pertahanan Semesta

Full Text:

PDF

References


Akib, H. (2010). Implementasi kebijakan: apa, mengapa, dan bagaimana. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1–11. https://www.academia.edu/download/61045250/97794-ID-implementasi-kebijakan-apa-mengapa-dan-b_120191028-16634-1fq32g7.pdf

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications. https://www.academia.edu/download/31210858/MGMT-612.pdf

Dunn, W. N., Darwin, M., & Wibawa, S. (2017). Pengantar analisis kebijakan publik (2nd ed.).

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2021). Pengharmonisasian RUU tentang PSDN (Pengelolaan Sumber Daya Nasional). Berita/Kegiatan DJPP. https://ditjenpp.kemenkumham.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=3314:pengharmonisasian-ruu-tentang-psdn-pengelolaan-sumber-daya-nasional&catid=268&Itemid=73〈=en

Komnas HAM. (2020). Menyoal Undang-Undang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara (PSDN) - Komnas HAM. KABAR LATUHARHARY. https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2020/3/23/1338/menyoal-undang-undang-pengelolaan-sumber-daya-nasional-untuk-pertahanan-negara-psdn.html

Mahdi, M. I. (2022). Jumlah Mahasiswa Indonesia Mencapai 8,96 Juta pada 2021. Pendidikan. https://dataindonesia.id/ragam/detail/jumlah-mahasiswa-indonesia-mencapai-896-juta-pada-2021

Matondang, E. (2018). Kurikulum bela negara di tingkat pendidikan tinggi: prospektif ketimpangan dalam sistem pertahanan indonesia. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 5(3), 21–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33172/jpbh.v5i3.368

Panjaitan, M., Rini, A. D., Agusalim, L., Abdullah, Z., Purwandaya, B., & Pasaribu, B. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trilogi Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 351–362. https://doi.org/https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.394

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 3 Tahun 2O21 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/157971/pp-no-3-tahun-2021

Tami, T. (2021). Menilik Sistem Pendidikan di Indonesia dan Perkembangannya. https://mutuinstitute.com/post/sistem-pendidikan-di-indonesia/

Tippe, S. (2019). Redesain bela negara dalam sistem pendidikan nasional: perspektif manajemen strategi. In (No Title) (Cetakan ke). Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1193671

Wahab, S. A. (2021). Analisis kebijakan: dari formulasi ke penyusunan model-model implementasi kebijakan publik. Bumi Aksara.

Waluyo, S. D., Timur, F. G. C., & Susilawati, N. (2021). Pengajaran nilai bela negara melalui pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya cegah dini terhadap radikalisme. Bhineka Tunggal Ika, 8, 10–20. https://www.researchgate.net/profile/Ningsih-Susilawati/publication/354076261_Pengajaran_Nilai_Bela_Negara_Melalui_Pendidikan_Kewarganegaraan_Sebagai_Upaya_Cegah_Dini_Terhadap_Radikalisme/links/6123d592232f955865a5ac3e/Pengajaran-Nilai-Bela-Negara-Melalui-Pendidikan-Kewarganegaraan-Sebagai-Upaya-Cegah-Dini-Terhadap-Radikalisme.pdf

Widjojo, A. (2021). Kesadaran Bela Negara Hakikatnya adalah Sedia Berbakti dan Berkorban untuk Negara. Padamu Negeri, Kami Berjanji Untuk Berbakti Dan Mengabdi. https://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/berita-utama/1150-agus-widjojo-kesadaran-bela-negara-hakikatnya-adalah-sedia-berbakti-dan-berkorban-untuk-negara




DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v13i2.11297

Copyright (c) 2023 Jurnal Pertahanan dan Bela Negara


INDEXED BY:
google_scholar garudacrosref onesearchsinta

Office Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Republic of Indonesia Defense University
Jl. Salemba Raya No.14, Paseban,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440, Indonesia
Email: jurnal.unhan@idu.ac.id



Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.