The Implementation of Character Education Values to Prevent Radicalism at the Indonesia-Malaysia Border
(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilianto, A., & Arif, M. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 279–289. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.339
Carter, E. (2018). Right-Wing Extremism/Radicalism: Reconstructing the Concept. Journal of Political Ideologies, 23(2), 157–182. https://doi.org/10.1080/13569317.2018.1451227
Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23–25.
Hafid, W. (2020). Geneologi Radikalisme di Indonesia (Melacak Akar Sejarah Gerakan Radikal). Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1(1), 31. https://doi.org/10.33096/altafaqquh.v1i1.37
Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Elementaray School, 8(2), 295–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393.
Martha, & Kresno, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Bidang Kesehatan. Depok: Rajagrafindo Persada.
Moreira, P. G. (2023). Thinking Like a Radical: Social Democracy, Moderation, and Anti-Radicalism. The European Legacy, 28(3–4), 330–347. https://doi.org/10.1080/10848770.2023.2182964
Muchith, M. S. (2016). Radikalisme dalam Dunia Pendidikan. Addin, 10(1), 163. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1133
Muhayati, S. (2021). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menangkal Radikalisme. Syntax Idea, 3(6), 1477–1493. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i6.1235
Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada saat Pandemi COVID-19 di Madrasah Tsanawiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783–1792. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2200
Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara sebagai Upaya Membangun Rasa dan Sikap Nasionalisme Warga Negara: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59–64. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5755
Roby, A. F., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter Siswa Pondok Pesantren dalam Upaya Mencegah Radikalisme: Literature Riview. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan, 7(1), 1-20. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i1.4523
Saihu, S., & Marsiti, M. (2019). Pendidikan Karakter dalam Upaya Menangkal Radikalisme di SMA Negeri 3 Kota Depok, Jawa Barat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 23–54. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.47
Sirry, M. (2020). Muslim Student Radicalism and Self-Deradicalization in Indonesia. Islam and Christian–Muslim Relations, 31(2), 241–260. https://doi.org/10.1080/09596410.2020.1770665
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E. (2020). Sosialisasi Membangun Literasi Karakter Berbasis Pancasila di Era Digital 4.0 dalam Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme pada Remaja. Jurnal Sumbangsih, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.3
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Tanasa, S., Yahii, K., & Damhuri, D. (2019). Manajemen Pengembangan Karakter Berbasis Spiritual Quotient dalam Mengatasi Isu-Isu Radikalisme di Madrasah Aliyah. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–19. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1087
Wiyono, H., & Ramadhan, I. (2021). Pergeseran Tradisi Belalek dalam Budaya Bertani Masyarakat Melayu Sambas. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.23971/jsam.v17i1.2880
Wong, M. Y. H., Khiatani, P. V., & Chui, W. H. (2019). Understanding Youth Activism and Radicalism: Chinese Values and Socialization. The Social Science Journal, 56(2), 255–267. https://doi.org/10.1016/j.soscij.2018.08.006
DOI: https://doi.org/10.33172/jp.v9i3.14668
INDEXED BY:
Office Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Republic of Indonesia Defense University
Jl. Salemba Raya No.14, Paseban,Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440, Indonesia
Email: jurnal.unhan@idu.ac.id
Jurnal Pertahanan: Media Informasi tentang Kajian dan Strategi Pertahanan yang Mengedepankan Identity, Nasionalism dan Integrity is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.